Pasigitan - Mahasiswa KKN Undip Lakukan Sosialisasi Door-to-Door ke Pelaku UMKM di Dusun Krajan Mengenai Pengembangan Bisnis Menggunakan Media Online dengan E-Com

Mahasiswa KKN Undip Lakukan Sosialisasi Door-to-Door ke Pelaku UMKM di Dusun Krajan Mengenai Pengembangan Bisnis Menggunakan Media Online dengan E-Com

IDBU Tim KKN 53 Desa Pasigitan Kelompok 3 (Kelompok Dusun Krajan) telah melaksanakan sosialisasi door-to-door ke pelaku UMKM. Kegiatan sosialisasi door-to-door pertama dilakukan dengan mengunjungi kediaman salah satu pelaku UMKM di Dusun Krajan, bernama UMKM Nunggal Karsa milik pasangan Bapak Nursalim dan Ibu Tri Agus Lestari. Mereka merupakan pemilik usaha produk olahan berupa keripik pisang, keripik talas, serta jenang sale pisang. Kegiatan yang dilakukan bertujuan untuk memberikan pemahaman mengenai pentingnya pengembangan bisnis menggunakan media online, khususnya di era digital saat ini, sekaligus penyuluhan tentang pembuatan akun e-commerce untuk berjualan di platform online.

Sosialisasi dilaksanakan pada pukul 12.00 - 13.00 WIB, dengan fokus membahas mengenai potensi-potensi yang dimiliki oleh pelaku UMKM untuk mengembangkan bisnis ke platform online, manfaat yang didapatkan dengan menggunakan media e-commerce, sekaligus tips pembuatan akun e-commerce untuk berjualan di platform online. Materi dari sosialisasi ini disampaikan oleh mahasiswa jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, yakni Farhan Nugraha Yogatrisna. Sosialisasi diterima dengan baik oleh pelaku UMKM, dalam hal ini yakni Bapak Nursalim beserta istri, dan akan mempertimbangkan mengenai tindak lanjut dalam pembuatan e-commerce untuk berjualan di platform online yang kemudian akan dikelola secara mandiri.


Kemudian dilakukan kegiatan lanjutan dengan mengunjungi pelaku UMKM kedua yang bertempat di Dusun Krajan, yakni Ibu Farida Lestari, dengan produk bisnis berupa gethuk goreng dan pisang coklat (piscok) bernama Gethuk Lestari. Sosialisasi kedua door-to-door ini dilakukan pada hari Sabtu, 12 Juli 2025, di kediaman Ibu Farida Lestari. Fokus sosialisasi juga sama, yakni penyuluhan wawasan baru mengenai pengembangan bisnis secara online. Perbedaan fokusnya adalah pada platform e-commerce yang difokuskan, dimana pada UMKM Gethuk Lestari difokuskan untuk platform seperti Gojek Food (GoFood), ShopeFood, dan GrabFood, menyesuaikan produk bisnisnya. 

 


Dipost : 31 Juli 2025 | Dilihat : 42

Share :