Pasigitan - Tingkatkan Nilai Jual Produk Olahan Lokal, Mahasiswa KKN Undip Melakukan Sosialisasi Door to Door Re-Branding UMKM Dusun Krajan

Tingkatkan Nilai Jual Produk Olahan Lokal, Mahasiswa KKN Undip Melakukan Sosialisasi Door to Door Re-Branding UMKM Dusun Krajan

Pada 29 Juni 2025, tim pelaksana program Branding dan Kemasan Produk Kemasan Lokal untuk Ibu Rumah Tangga” telah melaksanakan sosialisasi dengan mengunjungi salah satu rumah pemilik UMKM di Dusun Krajan, yaitu Bapak Nursalim dan Ibu Tri Agus Lestari. Produk olahan milik sepasang suami istri tersebut adalah keripik pisang gula aren, keripik talas gula aren, dan jenang sale pisang. Kegiatan yang dilakukan memiliki tujuan untuk memberikan pemahaman mengenai pentingnya kemasan produk dalam meningkatkan nilai jual dan daya saing UMKM. Selain itu, kemasan dapat menjadi identitas suatu produk atau merek dan kemasan yang unik dapat menarik pelanggan.  

Sosialisasi dilaksanakan mulai pukul 11.00 - 12.00 WIB, kegiatan tersebut menjelaskan tentang jenis-jenis kemasan, mendesain label yang menarik, dan elemen-elemen penting apa saja yang harus dicantumkan dalam kemasan. Materi dari sosialisasi ini dipaparkan oleh mahasiswa dari jurusan Antropologi Sosial Universitas Diponegoro, yaitu Khoirunnisa Dwi Arni. Ibu Tri Agus Lestari beserta suami terlibat dalam diskusi untuk menentukan logo dan juga desain kemasan untuk keripik pisang dan keripik talas. Kemasan yang dipilih untuk membungkus keripik adalah standing pouch, dikarenakan setelah melakukan analisis konsumen, banyak yang mengeluhkan bahwa kemasan sulit dibuka dan jika tersisa harus disimpan di toples karena kemasan tidak bisa ditutup kembali. Sosialisasi yang dilakukan berjalan lancar dan tim memberikan kemasan percobaan sebagai bahan pendukung. Bapak Nursalim dan juga Ibu Tri Agus Lestari, menerima dengan baik program ini dan berharap adanya sosialisasi lanjutan mengenai pemasaran digital karena produk mereka hanya dijual ke tengkulak saja. 

Pada tanggal 5 Juli 2025, terdapat kegiatan lanjutan mengenai label kemasan yang sudah didesain ulang. Kegiatan ini berupa penyerahan label baru yang akan digunakan untuk kemasan dari produk-produk lokal yang diolah oleh Bapak Nursalim dan Ibu Tri Agus Lestari. Sosialisasi mengenai branding produk melalui kemasan berjalan lancar dan ditutup dengan dokumentasi bersama. Pelaksanaan kegiatan didukung oleh seluruh anggota kelompok Mahasiswa KKN-T Tim 53 Kelompok 3 dengan membantu dalam menyiapkan keperluan yang dibutuhkan dan dokumentasi.


Dipost : 31 Juli 2025 | Dilihat : 19

Share :