Pasigitan - Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pelatihan Pembautan Olahan Nira Aren Menjadi Gula Semut dan Sirup Aren

Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pelatihan Pembautan Olahan Nira Aren Menjadi Gula Semut dan Sirup Aren

 

Desa Pasigitan memiliki potensi lokal berupa pohon aren yang melimpah. Masyarakat desa pasigitan memiliki keseharian yaitu  "nderes" atau mengambil nira aren dari pohonnya, kemudian diolah menjadi gula aren. Melihat potensi tersebut Mahasiswa KKN Tematik UNNES berupaya memberikan kegiatan pemberdayaan masyarakat melalui pelatihan pembuatan olahan gula semut dan sirup aren. Kegiatan tersebut dilaksanakan di dusun Gunung Munding, Desa Pasigitan, Kecamatan Boja, Kabupaten Kendal. Pelaksanaan kegiatan pelatihan ini yaitu pada Hari Minggu 02 April 2023, kegiatan ini diikuti oleh ibu-ibu masyarakat Dusun Gunung Munding. 

Sedikit berbeda dengan gula aren yang sering kita jumpai pada umumnya, untuk pengolahan gula semut memerlukan bahan dasar nira aren tentunya, hanya saja proses pengolahannya yang sedikit berbeda dengan gula aren. Berikut adalah alat dan bahan yang diperlukan untuk membuat olahan gula semut yaitu; nira aren, wajan, spatula kayu, cobek dan ulegkan, piring, sendok dan saringan. Kemudian untuk proses pembuatannya yaitu sebagai berikut; nira aren ukuran 1liter dimasak dalam wajan kemudian didihkan hingga mengental, apabila sudah mengental tambahkan gula pasir secukupnya (2-5 sendok makan), setelah itu diaduk hingga merata. Kemudian setelah dingin, ambil olahan nira aren dari wajan dan ditumbuk hingga halus, setelah itu disaring untuk menghasilkan gula semut.

            Kemudian untuk olahan gula semut sendiri lebih praktis untuk ditambahkan dalam pembuatan minuman serta lebih tahan lama dalam penyimpanan. Berikut beberaoa manfaat olahan gula semut:

  1. Meningkatkan semangat dalam diri
  2. Mencegah penyakit anemia
  3. Meningkatkan daya tahan tubuh
  4. Memperlancar peredaran darah
  5. Mengurangi kolestrol dalam tubuh

Selain olahan gula semut KKN Tematik UNNES juga memberikan pelatihan berupa pembuatan olahan sirup aren kepada masyarakat karena olahan sirup aren ini menggunakan bahan yang alami sehingga baik untuk dikonsumsi. Berikut adalah alat dan bahan yang diperlukan untuk membuat sirup aren yaitu; nira aren ukuran 1 liter, daun pandan secukupnya, wajan, spatula, botol dan corong. Kemudian untuk proses pembuatannya cukup mudah yaitu dengan mendidihkan nira aren kemudian ditambahkan daun pandan dalam wajan, diaduk dan ditunggu hingga mengental. Setelah mengental, dan dingin maka sirup arn dapat dipindahkan kebotol menggunakan corong untuk disimpan. Sirup aren ini dapat dikonsumsi bersama minuman boba kekinian, atau sebagai tambahan cocolan saat mengkonsumsi kue tradisional.

            Selain dibuat dari bahan alami, siru aren ini juga memiliki manfaat yang baik untuk tubuh antara lain:

  1. Mampu menjaga kadar gula darah dalam tubuh
  2. Mendukung kesehatan pencernaan
  3. Menjaga fungsi sistem syaraf
  4. Mengandung antioksidan yang tinggi
  5. Mampu meningkatkan produksi sel darah merah

Besar harapan setelah adanya pelatihan tersebut, masyarakat semakin berdaya dan mampu menciptakan olahan produk-produk baru dengan bahan dasar potensi lokal berupa nira aren. 

KKN Tematik UNNES 2023

Penulis: Puput Dyah Lestari, Noviana Anggita, Anggie Mellyna

https://youtube.com/@pasigitankita


Dipost : 31 Mei 2023 | Dilihat : 572

Share :

s